Sabtu, 04 Oktober 2008

Rencana Perkuliahan Semester (RPS)

RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)
Matakuliah : Manulis Buku Ajar/Ilmiah
Sandi MK : INB420
SKS/JS : 3/4
Prasyarat : INB418
Pembina : Drs. Masnur Muslich, M.Si
Sandi Dosen : 802124



DESKRIPSI
Matakuliah ini berusaha menumbuhkan pengetahuan, pemahaman, dan penguasa-an mahasiswa tentang penulisan buku ajar atau bahan ajar untuk pembelajaran bahasa Indinesia di berbagai tingkat satuan pendidikan atau buku ilmiah dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia.


TUJUAN
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menghasilkan buku ajar untuk pembelajaran bahasa Indonesia di TK, SD, SLTP/MTs, SMA/MA/SMK atau bahan untuk berbagai pelatihan atau buku ilmiah dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia.


TOPIK DAN SUBTOPIK
  1. Karakteristik buku ajar/buku ilmiah: pengertian buku ajar/buku ilmiah, perbedaan buku ajar dan buku ilmiah, perbedaan buku ajar dan bahan aja
  2. Hubungan buku ajar dan komponen pembelajaran: hubungan buku ajar dan kurikulum, hubungan buku ajar dan kompetensi yang ingin dicapai (tujuan pembelajaran), hubungan buku ajar dan siswa, hubungan buku ajar dan guru, hubungan buku ajar dan media pembelajaran, hubungan buku ajar dan metode/teknik/strategi pembelajaran,
  3. Landasan penyusunan buku ajar bahasa dan sastra Indonesia: Landasan keilmuan bahasa dan sastra, landasan ilmu pendidikan dan keguruan, landasan kebutuhan bahasa siswa, landasan keterbacaan materi dan bahasa yang digunakan
  4. Komponen buku ajar (versi BSNP): komponen isi, komponen kebahasaan, komponen komponen penyajian, dan komponen kegrafikan
  5. Teknik dan prosedur penulisan buku ajar/buku ilmiah: pengkajian kurikulum, penyusunan silabus, pengkajian keilmuan bahasa dan sastra Indonesia, pemahaman karakteristik siswa dan guru, pengorganisasian buku, pemilihan bahan/materi, penyajian bahan/materi, penggunaan bahasa dan keterbacaan
  6. Problema penulisan buku ajar/buku ilmiah dan pemecahannya: identifikasi permasalahan setiap tahapan penulisan buku ajar dan upaya pemecahannya

EVALUASI
Nilai akhir (NA) mahasiswa ditetapkan berdasarkan:
(a) kuantitas dan kualitas pertisipasi dalam perkuliahan (bobot 2)
(b) hasil tugas harian individu (bobot 2)
(c) hasil tugas harian kelompok dan pertangungjawabannya (bobot 3)
(d) hasil tugas akhir individu dan pertanggungjawabannya (bobot 3)

NA ditetapkan berdasarkan rumus:
NA = (a X 2) + (b X 2) + (c X 3) + (d X 3): 10


SUMBER/RUJUKAN

  • Brown, J.B. 1988. Textbook Evaluation Form. http://www.timetabler.com/reading. html. (12/07/07).
  • Cunningsworth, Alan. 1995. Coosing your Coursebook. Oxford: Heinemann.
  • Depdiknas. 2004. Pedoman Penulisan Bahan Ajar Berwawasan Gender. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
  • Houtz, H.E. 1995. “Score Sheet for Selecting Textboks.” Dalam Reading for Today’s Children. New York: Macmillan.
  • Johnson, K. 2002. Selecting Coursebook. http://www.timetabler.com/reading.html. (12/07/07).
  • Muslich, Masnur. 2008. Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, Pemakaian Buku Teks, dan Penilaian Buku Teks. Jakarta: Bumi Aksara.
  • O’Neill, R. 1990. “Why Use Texboks?” Dalam R. Rossner and R. Bolitho (Eds.). Currents in Langauge Teaching. Oxford University Press.
  • Pusat Perbukuan. 2006. Pedoman Penulisan Buku Pelajaran: Penjelasan Standar Mutu Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
  • Sumardi. 2003. Model Buku Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas 4: Panduan Pengembangan. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
  • World Bank. 1995. Indonesia: Book and Reading Development Project, Staff, Appraisal, May.
  • Yulaelawati, Ella. Dkk. 1994. Penulisan Bahan-bahan Pelajaran: Buku Acuan bagi para Penulis Bahan-bahan Pelajaran dan Buku-buku Panduan Guru. Jakarta: Pusat
  • Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

JADWAL PERTEMUAN

Minggu I
Karakteristik buku ajar: pengertian buku ajar/buku ilmiah, perbedaan buku ajar dan buku ilmiah, perbedaan buku ajar dan bahan ajar

Minggu II
Hubungan buku ajar dan komponen pembelajaran: hubungan buku ajar dan kurikulum, hubungan buku ajar dan kompetensi yang ingin dicapai (tujuan pembelajaran), hubungan buku ajar dan siswa, hubungan buku ajar dan guru, hubungan buku ajar dan media pembelajaran, hubungan buku ajar dan metode/teknik/strategi pembelajaran,

Minggu III
Landasan penyusunan buku ajar bahasa dan sastra Indonesia: Landasan keilmuan bahasa dan sastra, landasan ilmu pendidikan dan keguruan, landasan kebutuhan bahasa siswa, landasan keterbacaan materi dan ba-hasa yang digunakan

Minggu IV
Komponen buku ajar (versi BSNP):
komponen isi(: cakupan materi, akurasi mate-ri, kemutakhiran, mengandung wawawsan produktivitas, merangsang keingintahuan, mengembangkan kecakapan hidup, mengembangkan wawasan kebinekaan, mengandung wawasan kontekstual); komponen kebahasa-an (: sesuai dengan perkembangan peserta didik), komunikatif, dialogis dan interaktif, lugas, keruntutan alur pikir, koherensi, kese-suaian dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar, penggunaan istilah dan simbol atau lambang); komponen komponen penyajian (:teknik penyajian, pendukung penyajian materi, penyajian pembelajaran); dan komponen kegrafikan (: penampilan, tata letak, ilustrasi, keterbacaan huruf).

Minggu V-XV
Teknik dan prosedur penulisan buku ajar: pengkajian kurikulum, penyusunan silabus, pengkajian keilmuan bahasa dan sastra Indonesia, pemahaman karakter-istik siswa dan guru, pengorganisasian buku, pemilihan bahan/materi, penyajian bahan/ materi, penggunaan bahasa dan keterbacaan

Minggu XVI
Problema penulisan buku ajar dan pemecahannya: identifikasi permasalahan setiap tahapan penulisan buku ajar dan upaya pemecahannya



Malang, Agustus 2008
Pembinan MK



Drs. Masnur Muslich, M.Si.

2 komentar:

eka mengatakan...

asalamualaikum, maaf pak saya butuh buku yang berjudul "Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, Pemakaian Buku Teks, dan Penilaian Buku Teks" untuk penyusunan skripsi. kira-kira buku tersebut dijual di pasaran atau tidak? terimakasih

petir-fenomenal mengatakan...

Blog yg Sangat sederhana rumahnya, namun manfaatnya luar biasa