Kamis, 19 Maret 2009

Situasi Seminar Penulisan Buku Ajar di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang

Pada akhir Semester Ganjil 2008/2009 (3 Januari 2009) mahasiswa peserta matakuliah Menulis Buku Ajar yang dibina oleh Masnur Muslich, Program Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Malang, mengadakan Seminar "Kiat Sukses Menulis Buku Ajar". Seminar yang menghadirkan pakar di bidang buku ajar dan penulis berkaliber nasional ini juga dihadiri para guru di Malang Raya dan sekitarnya. Kegiatan yang dibuka oleh Dekan Fakultas Sastra Prof. Dr. H. Dawud, M.Pd ini diikuti dengan unjuk kerja berupa Pameran buku ajar bahasa Indonesia untuk SD, SMP, dan SMA/SMK hasil karya mahasiswa peserta matakuliah. Dengan melihat puluhan buku ajar hasil karya mahasiswa ini sebagian besar peserta seminar (terutama guru) memberikan apresiasi yang sangat posisit, bahkan kagum atas prestasi mereka. Rencana ke depan, agenda ini akan diprogramkan secara berkala. Sebab, selain sebagai ajang tukar pendapat antara mahasiswa dan guru, juga dapat memberikan wawasan praktis bagi mahasiswa terkait dengan penulisan buku ajar.

a. Panitia seminar (mahasiswa yang ditunjuk oleh kelas) sedang membicarakan tugas dan tanggung jawab setiap seksi sebelum pelaksanaan seminar. Walaupun tempatnya di bawah pohon, mereka tetap antusias.



b. Panitia sedang bersiap menerima pendaftaran ulang seminar.



c. Prof. Dr. H. Dawud, M.Pd sedang memberikan materi seminar




d. Peserta seminar sedang serius menyimak dan sharing pendapat atas uraian nara sumber




e. Buku-buku hasil karya mahasiswa yang dipamerkan







f. Masnur Muslich (pembina matakluliah Menulis Buku Ajar) sedang memberikan piagam penghargaan kepada nara sumber dan moderator






g. Dr. Maryaeni (Ketua Jurusan Sastra Indonesia) memberikan sambutan penutupan acara seminar

Tidak ada komentar: