Rabu, 30 September 2009

Kegiatan Telaah Buku Ajar pada Matakuliah Menulis Buku Ajar yang Dibina Masnur Muslich

Peserta Matakuliah Menulis Buku Ajar Offering D Kelas AA sedang menyampaikan hasil telaah buku ajar secara bergilir di depan kelas.








Peserta Matakuliah Menulis Buku Ajar Offering A sedang menyampaikan hasil telaah buku ajar secara bergilir di depan kelas.








Secara umum hasil telaah buku ajar dapat disimpulkan sebagai berikut.
1. Masih dijumpai sajian materi buku ajar yang kurang sesuai dengan perkembangan siswa sasaran sehingga terasa sult dicerna leh siswa.
2. Masih dijumpai sajan buku ajar yang terkesan teoretis dan kurang ilustrasu sehingga tidak jauh berbeda dengan buku referensi.
3. Masih dijumpai sajian buku ajar yang tidak sesuai dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai. Misalnya, kompetensi dasarnya "siswa dapat menulis surat pribadi" tetapi sajiannya berupa penjelasan teoretis tentang menulis surat pribadi.
4. Masih dijumpai sajian materi buku ajar yang tidak/kurang melibatkan siswa untuk mencari, mengamati, mencoba, dan menyimpulkan sendiri. Siswa selalu diberi "ikan", tidak/kurang ada kesempatan siswa untuk "mengail ikan" sendiri.
5. Masih dijumpai format buku ajar yang kurang menarik sehingga membosankan bagi siswa ketika mempelajarinya.
6. Masih dijumpai tata letak buku ajar yang masih monoton sehingga siswa cepat bosan ketika membacanya.

Tidak ada komentar: